DPRD

Disdikbud Kotabaru Gelar Pemilihan Nanang Galuh Kebudayaan 2024, Terpilih 16 Finalis

(Foto: ist)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru menggelar grand final pemilihan Nanang Galuh Kebudayaan Kabupaten Kotabaru tahun 2024, Sabtu (13/7/2024), malam. 

Ajang pemilihannya dilaksanakan dari tanggal 5 hingga 14 Juli 2024.

Hadir di acara ini Bupati Kotabaru diwakili Asisten I H Minggu Basuki, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru H Selamat Riyadi, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru Eddy Cahyono, SKPD se-Kabupaten Kotabaru, dan para sponsor.

Sementara, H Ahmad Fitriadi Fazriannor sebagai juri sejarah Banjar, Abdul Sani sebagai juri kebudayaan, Rahmad Nor Fadli sebagai juri organisasi, Candra Hartono sebagai juri kepribadian, dan Puspa Ramadayanti sebagai juri bahasa asing.

Bupati Kotabaru diwakili Asisten I H Minggu Basuki mengatakan kegiatan ini sebagai wujud usaha untuk dapat mempromosikan Kotabaru sebagai daerah tujuan wisata yang tidak kalah menariknya dibanding destinasi wisata di tempat lain. 

"Saya berharap agar kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk mencari sosok yang manis secara fisik tetapi juga mencari sosok putra putri daerah yang lebih mengutamakan bakat dan karakter yang baik sehingga tidak hanya mampu mempromosikan kebudayaan tetapi juga dapat menjadi tauladan, pelopor, motivator, ataupun remaja yang lain dalam bermasyarakat," tuturnya. 

Selain itu, ikatan Duta Wisata dan Budaya Saijaan Kotabaru juga mengundang sponsor dan media patner dalam kegiatan ini, yaitu sponsor dari Lutfhia Skin, PT CUP, Bank Kalsel, CV Raynan Raya, PT PSM, Post Memories, Dapur Fikri, Caca Studio, Kato7oe, Rumah Jahit Hariyani, Sewahtbanjarmasin, PDAM Kotabaru, ARS Hijab, Ayu Florist, Syami Kirana Handicraft, Lapak Buah Syami, Grand Surya Hotel, Endang Wedding, dan Media Patner Diskominfo.

Finalis Nanang Galuh Kebudayaan yang terpilih tahun 2024 ini ada 16 orang yang menduduki posisi Nanang 2024 adalah Stefanus Wibowo, Galuh 2024 Masya Aulia Khusnul Khatimah, Nanang Wakil I M. Rizki Pratama, Galuh Wakil I Rahma Dwi Sulistia, Nanang Wakil II M. Fathan Nurqolby, Galuh Wakil II Gizza Razwa Paulina. A, Nanang Wakil III Surya Widana Putra, Galuh Wakil III Zahra Septi Suci Ananta, Nanang Wakil IV Akhmad Brilian Wijaya, Galuh Wakil IV Riona Reva Nisa, Nanang Wakil V M. Syauqi Abiyyu Khairi, Galuh Wakil V Zahratus Salsabila, Nanang Persahabatan Ahmad Mufti Ali, Galuh Persahabatan Noor Mutmainah, Nanang Berbakat M. Zulfa Assabiq, Galuh Berbakat Miranda Bastian Nur, Nanang Terfavorit Akhmad Brilian Wijaya, Galuh Terfavorit Noor Mutmainah.

Kegiatan ini juga diisi dengan berbagai penampilan dari Gangsaswara Pusaka Saijaan dan Sanggar Pusaka Saijaan Kotabaru. 

Harapannya, pemilihan Nanang Galuh Kebudayaan 2024 ini dapat melestarikan budaya daerah khususnya budaya Banjar di kalangan generasi muda mengembangkan dan meningkatkan kualitasnya agar unsur-unsur budaya Banjar mendapatkan tempat di masyarakat Kabupaten Kotabaru yang kian hiterogen dan multikultur, membantu pemerintah daerah dalam mengupayakan melestarikan dan mempromosikan sekaligus mempertahankan budaya daerah yang ada di Kabupaten Kotabaru. (Ril/Prakarsa)

Subscribe to receive free email updates: